Sejarah Berdirinya

Bermula  dari  maraknya  tayangan di  media  elektronika  dan  media  cetak  yang  terus menerus memuat tentang ditemukannya bayi-bayi yang dibuang di tempat sampah atau digugurkan, maka kami beberapa ibu, yang diprakarsai Ibu C. Nanik Purwoko, terpanggil untuk berbuat sesuatu menolong bayi-bayi yang kehadirannya di dunia ini ditolak dan tidak dikehendaki oleh keluarganya sendiri.

Maka pada tanggal 14 Nopember 1996, didirikanlah YAYASAN ABHIMATA MITRA-SAMAYA  yang berarti kasih dan persaudaraan, selama satu tahun pengurus bergiat melakukan berbagai upaya pengumpulan dana dengan berbagai aktifitas, seperti : bazaar, penyelenggaraan seminar, turnamen golf, malam dana dsb.

Dengan berbekal dana seadanya dan dibekali tekad untuk dapat segera menolong bayi-bayi yang menderita itu, maka pada awal tahun 1998 kami mulai mencari rumah untuk dikontrak, namun belum mendapat rumah yang cocok sudah ada bayi yang ditinggalkan keluarganya. Melalui konflik batin, kalau diambil mau ditaruh dimana karena belum punya rumah, tetapi kalau tidak diambil takut pada Tuhan, maka pada akhirnya dijemputlah bayi yang pertama itu.

Tanpa diduga, ada keluarga yang dengan ikhlas meminjamkan rumahnya di Jl. Mertilang V Blok KA 4 No. 1, Bintaro Jaya Sektor 9 yang boleh dipakai secara cuma-cuma sampai bisa punya rumah sendiri. Begitu pula ketika membeli 10 baby box, tanpa diduga ada sepasang suami istri yang membayar lunas, sehingga hal-hal yang mustahil itu kami imani sebagai “ mukjizat Tuhan ” dan semakin yakin bahwa karya ini adalah karya Tuhan sendiri.

Selanjutnya tepat tgl. 12 Maret 1998, secara resmi berdiri PANTI ASUHAN ABHIMATA inilah permulaan keberadaan pantiasuhan Abhimata yang khusus merawat bayi-bayi terlantar, dibuang dan tidak dikehendaki keluarganya, tanpa dipungut biaya dan tanpa memandang suku dan agama.

Setelah berjalan satu tahun, rumah yang berukuran 100 M2 tersebut sudah tidak mampu menampung bayi-bayi yang terus berdatangan karena orang tua mereka tidak mampu lagi merawatnya, dan terjadilah mukjizat lagi, pada tahun 1999 ada keluarga yang meminjamkan rumah secara cuma-cuma yang terletak di Jl. Kasuari IV Blok HB IV No. 22, Bintaro Jaya Sektor 9, untuk merawat bayi-bayi yang diserahkan.

Mengingat dua rumah tersebut adalah rumah pinjaman, maka pengurus dengan segenap upaya bekerja keras mencari dana agar dapat segera membeli sebidang tanah dan membangun rumah panti yang permanen, sehingga anak-anak dapat tinggal dengan nyaman di rumah sendiri.

Puji syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Pengasih, melalui kerja keras para pengurus dan melalui uluran kasih para Dermawan dan Sponsor, kami dapat membeli sebidang tanah di jalan Mertilang IV Blok KA II No.  31-37 Bintaro Jaya Sektor 9 dan sejak bulan Maret 2001 dimulai pembangunan rumah panti dan pada bulan Agustus 2002, bangunan telah 80 % siap huni, hingga pada tanggal 28 Agustus 2002, anak-anak dan seluruh penghuni panti pindah ke rumah baru yang permanen dimana anak-anak dapat tinggal dengan nyaman dan tenteram, sambil menyelesaikan sisa bangunan panti.

Maka seperti orang tua yang harus terus bekerja mencari nafkah, begitupun pengurus Abhimata harus terus bekerja keras mencari nafkah untuk menghidupi anak-anak, lebih-lebih bila ada bayi yang gagal aborsi yang harus dioperasi, seperti : bibir sumbing, tidak punya langit-langit, tidak punya dubur, jantung lemah, anggota tubuh tidak normal, kurang gizi, bayi bermata katarak, yang semua harus ditangani dengan baik dan menjadi normal kembali demi hari depan mereka.

Yayasan Abhimata Mitrasamaya
Jl. Mertilang IV Blok KA II No. 31-37, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang 15229
Telp. 021-74864418
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
; This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ; This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.